Social Icons

Pages

Wednesday 2 April 2008

Kekuatan Ikhlas

Subhanallah...
Andai setiap manusia tahu bahwa betapa besar kekuatan dari sebuah keikhlasan. Seringkali manusia hanya mau menerima tanpa mau memberi atau lebih payah lagi memberi dengan mengharapkan balasan entah berupa barang, jasa atau hanya sekedar pujian dan ucapan terima kasih. Sesungguhnya Allah tidak akan menerima amalan hamban-Nya yang dilakukan dengan mengharapkan selain ridho-Nya. Allah tidak pernah tidur. Sekecil apapun amalan yang dilakukan manusia tak pernah sekalipun terlewatkan. Allah SWT selalu mencatat segala amal perbuatan kita di dunia. Namun bila kita tak melakukannya dengan ikhlas, maka hanyalah murka Allah yang akan kita dapat.
Ikhlas berarti melakukan suatu hal hanya untuk mengharapkan ridho Allah SWT.
Banyak sekali pengalaman yang ku alami berkenaan dengan keikhlasan. Sungguh membuat ku terpana, janji Allah itu memang pasti. Keikhlasan seseorang Allah balas dengan kebaikan yang berlipat-lipat. Allah menyegerakan untuk membalas kebaikan hamba-Nya yang dilakukan dengan ikhlas. Itu baru di dunia, di akhirat nanti Allah akan memberikannya lagi yang jauh lebih baik daripada balasan di dunia yang baru secuil saja dari kekuasaan-Nya.

Menjadi orang yang ikhlas, tulus dalam berbuat kebajikan hanya demi mengaharap ridho-Nya memang tidaklah mudah. Belum banyak orang-orang yang bisa seperti itu, bahkan seorang ulama sekalipun belum tentu bisa memiliki keikhlasan itu. Namun sebagai hamba Allah, kita wajib berusaha. Belajar untuk ikhlas...Ikhlas dalam memberi apa yang kita miliki dan ikhlas dalam menerima setiap yang diberikan-Nya.
Insya Allah...pintu surga akan terbuka lebar untuk kita.

Amin...

No comments: